TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif atau TKR adalah jurusan yang mempelajari tentang kemampuan dalam bidang teknik otomotif. Kebanyakan lulusan dari jurusan ini akan bekerja dalam bidang jasa perbaikan motor dan mobil.

Anda yang mengikuti jurusan ini akan dibekali dengan keterampilan, pengetahuan dan semua hal yang diperlukan dalam dunia otomotif. Lulusan dari jurusan ini juga tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pekerjaan. Karena banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan TKR.

Jika, Anda ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, Anda bisa mengambil jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Otomotif.

5 Prospek Kerja TKR


Lulusan dari jurusan TKR ini memiliki prospek kerja yang cukup luas, terutama dalam bidang otomotif.

Kisaran gaji yang akan didapatkan oleh lulusan jurusan SMK yang satu ini berkisar pada Rp. 3 jutaan hingga puluhan juta rupiah. Ada lima pekerjaan yang bisa Anda lakukan setelah lulus dari jurusan TKR sebagai berikut:


1.     Dealer

Lulusan dari TKR memiliki pengetahuan mengenai mesin kendaraan beserta otomotif lainnya. Sehingga, Anda cocok untuk bekerja sebagai dealer motor atau mobil.


2.     Industri Otomotif

Sebagai lulusan TKR, Anda juga bisa bekerja dalam perusahaan otomotif dunia. Karena banyak perusahaan otomotif dunia yang membuka cabang pabriknya di Indonesia, Anda bisa berkesempatan untuk bekerja di sana.


3.     Jurnalis Otomatif

Tak hanya terjun langsung di dunia otomotif, Anda juga bisa bekerja sebagai jurnalis otomotif. Dengan pemahaman mengenai dunia otomotif yang Anda miliki, tentunya profesi ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda.


4.     Mekanik

Profesi utama dari lulusan jurusan TKR adalaah mekanik. Dengan materi pengetahuan serta keterampilan yang Anda miliki selama sekolah, tentunya bekerja menjadi mekanik bengkel atau justru menjadi pemilik bengkel itu sendiri adalah impian Anda.


5.     Operator Alat Berat

Prospek kerja lainnya yang bisa Anda lakukan setelah lulus dari jurusan TKR adalah menjadi operator alat berat. Profesi ini kebanyakan bekerja dalam industri pertambangan yang banyak berhubungan dengan mesin-mesin besar.

Anda yang lulus dari teknik kendaraan ringan otomotif bisa mendapatkan pekerjaan di bidang otomotif impian Anda, maupun bidang lainnya yang memiliki fungsi yang sama dengan otomotif.

Scroll to Top