SMK NU Bandar Implementasikan Budaya Sekolah Program Kemitraan Lanjutan YTA

SMK NU Bandar melaksanakan kegiatan penerapan budaya sekolah program kemitraan lanjutan SMK mitra Yayasan Toyota & Astra (YTA) pada Sabtu, 9 September 2023. Kegiatan tersebut di hadiri oleh Bapak Haji Achmad Taufiq, M. Pd selaku Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama dan Bapak D. Hendratmaka selaku narasumber dari Yayasan Toyota Astra.

Materi yang disampaikan oleh Bapak Hendratmaka adalah tentang berkomitmen dan konsistensi dalam penerapan budaya sekolah program kemitraan lanjutan YTA. Beliau menyampaikan bahwa budaya sekolah merupakan hal yang penting untuk diterapkan di sekolah, karena dapat membentuk karakter dan perilaku siswa yang baik.

Bapak Hendratmaka juga menjelaskan bahwa untuk menerapkan budaya sekolah secara efektif, diperlukan komitmen dan konsistensi dari semua pihak yang terlibat, yaitu sekolah, siswa, dan orang tua. Komitmen dan konsistensi ini penting untuk memastikan bahwa budaya sekolah yang telah ditetapkan dapat berjalan dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Haji Achmad Taufiq juga menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan penerapan budaya sekolah program kemitraan lanjutan YTA di SMK NU Bandar. Beliau berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi momentum bagi SMK NU Bandar untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.

Kegiatan penerapan budaya sekolah program kemitraan lanjutan YTA di SMK NU Bandar ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Dengan diterapkannya budaya sekolah yang baik, diharapkan dapat membentuk siswa yang berkarakter dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Berikut adalah beberapa poin penting yang disampaikan oleh Bapak Hendratmaka dalam materinya:

  • Budaya sekolah adalah seperangkat nilai, norma, dan aturan yang berlaku di sekolah.
  • Budaya sekolah yang baik dapat membentuk karakter dan perilaku siswa yang baik.
  • Untuk menerapkan budaya sekolah secara efektif, diperlukan komitmen dan konsistensi dari semua pihak yang terlibat.

Komitmen dan Konsistensi

Komitmen dan konsistensi adalah dua hal yang penting untuk menerapkan budaya sekolah secara efektif. Komitmen adalah tekad untuk melaksanakan sesuatu, sedangkan konsistensi adalah keajegan dalam melaksanakan sesuatu.

Oleh karena itu, untuk menerapkan budaya sekolah secara efektif, diperlukan komitmen dan konsistensi dari semua pihak yang terlibat, yaitu sekolah, siswa, dan orang tua.

Sekolah

Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus memiliki komitmen untuk menerapkan budaya sekolah yang baik. Komitmen ini harus diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan program yang mendukung penerapan budaya sekolah.

Selain itu, sekolah juga harus konsisten dalam menerapkan budaya sekolah yang telah ditetapkan. Konsistensi ini dapat ditunjukkan dalam bentuk peraturan, tata tertib, dan kegiatan-kegiatan yang mendukung penerapan budaya sekolah.

Siswa

Siswa sebagai peserta didik juga harus memiliki komitmen untuk menerapkan budaya sekolah yang baik. Komitmen ini dapat ditunjukkan dalam bentuk perilaku dan sikap yang sesuai dengan budaya sekolah.

Oleh karena itu, sekolah perlu melakukan sosialisasi budaya sekolah kepada siswa. Sosialisasi ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan media informasi.

Orang Tua

Orang tua juga memiliki peran penting dalam mendukung penerapan budaya sekolah. Orang tua dapat mendukung penerapan budaya sekolah dengan cara:

  • Membantu sekolah dalam menerapkan budaya sekolah.
  • Menanamkan nilai-nilai budaya sekolah kepada anak di rumah.
  • Menjadi contoh bagi anak dalam menerapkan nilai-nilai budaya sekolah.

Dengan komitmen dan konsistensi dari semua pihak yang terlibat, penerapan budaya sekolah di SMK NU Bandar dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian, SMK NU Bandar dapat menghasilkan lulusan yang berkarakter dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top